Hamil Bawaannya Sensitif

Sensitif saat hamil di trimester pertama? Saya kurang tahu apakah sensitivitas semua Bumil selalu tak terkendali saat awal-awal bulan. Tapi, dari curhatan teman yang sedang hamil muda dan pengalaman pribadi saat mengandung Miza Zaiyan, memang perasaan makin sensitif. Kalau saya dulu, bahkan sampai setiap hari pasti nangis, yang terkadang tidak jelas penyebabnya apa. Meski begitu, sekarang saya malah merindukan momen-momen yang punya rasa campur aduk itu.

Setelah cari-cari di google, ternyata menjadi sensitif memang faktor yang sering melanda para Bumil. Salah satu penyebabnya adalah kekurang-siapan sang Ibu ketika mengandung. Saya sendiri setuju dengan pendapat tersebut. Dulu saya berpikir, hamil yang begitu, mengandung, mual-mual, perut membesar, begitu hamil ternyata masalah lebih kompleks. Seperti halnya pernikahan, ternyata hamil juga membutuhkan persiapan dan pengetahuan. Jadi, saran saya untuk yang baru menikah, bahkan yang single, jangan melewatkan begitu saya informasi atau buku yang berisikan tentang kehamilan dan menyusui. Seperti informasi yang satu ini: Stress Saat Hamil & Bahaya Stres Pada Ibu Hamil.

Satu lagi yang amat sangat perlu diketahui adalah peran serta pasangan [a.k.a suami] saat istri dalam kondisi stress. Saya tergolong yang beruntung karena memiliki suami yang sabar mengiringi proses kehamilan. Hanya saja, terkadang ada juga suami yang menyepelekan kondisi istri padahal bahayanya tidak hanya bisa melanda si Ibu, tapi juga janin. Jadi, tak ada salahnya, untuk para lelaki juga membaca dan mencari informasi berkenaan dengan kehamilan dan menyusui.

Beberapa Rekomendasi Buku yang berhubungan dengan Kehamilan & Menyusui
1. Panduan Pintar Hamil dan Melahirkan | Indarwati & Dewi Ichen | Wahyu Media
2. Menjaring Pahala Saat Hamil dan Menyusui | Irfan Supandi | Pro U Media
3. Melahirkan Tanpa Rasa Sakit Dengan HypnoBirthing | Evariny Andriana | BIP

Sebenarnya banyak juga bacaan yang mungkin lebih baik, tapi buku-buku di atas adalah buku yang sudah pernah saya baca dan sangat informatif. Sedikit banyak bisa membantu Bumil dan suami mengenal dan mempelajari tentang kehamilan.

Wallahu’alam…

Leave a Reply

