Blog-Blog-Walking-Walking

Salah satu aktivitas yang saya sukai ketika berhadapan dengan internet adalah blogwalking, terutama mengunjungi blog-blog berisikan resensi atau informasi tentang buku. Banyak sekali keuntungan dari menjelajah blog buku, apalagi untuk orang yang keranjingan baca buku. Bagi saya yang seringnya menilai buku dari desain sampul dan sinopsis, membaca review-review buku sangat membantu ‘mencerahkan’ pikiran. Sering sekali, terpesona melihat desain sampul dan berniat membeli, tapi di saat yang sama, salah satu blog buku me-review novel yang sama. Eh ternyata ceritanya tidak sesuai dengan bayangan. Hal sebaliknya pun sering juga kejadian.

Too Much Book, Too Little Time. Jargon yang satu ini, sangat pas buat saya. Sekarang banyak sekali penerbit yang mencetak buku menarik, hampir setiap bulan ada sekitar 5-6 buku yang masuk daftar wishlist. Belum lagi, saat munculnya rasa penasaran pada beberapa buku saat masing-masing penerbit mulai mempromosikan ‘dagangan’nya. Sayangnya, waktu yang saya punyai tidak mungkin memuaskan keinginan untuk membaca semua buku. Maka salah satu yang sedikit menolong untuk mengetahui isi buku adalah dengan rajin mampir-mampir ke blog teman-teman yang ‘berbasis’ buku.

Satu lagi yang saya suka dari blogwalking adalah saya jadi tetap dapat mengikuti perkembangan buku yang tidak termasuk genre favorit. Seperti ketika mampir ke blog yang memfokuskan diri pada harlequin, hisrom, teenlit, metropop, chicklit, dan sejenisnya. Meski bukan termasuk buku yang saya gandrungi, setiap kali blog tersebut update review dan saya sedang blogwalking, pasti saya akan mampir dan membaca. Bisa menambah wawasan kan?

Blogwalking ke blog-blog buku juga menjadi penyemangat saya untuk meng-update isi, yang otomatis juga ‘memaksa’ untuk terus membaca buku. Mau review buku, harus baca buku dulu kan? Tapi tetap saja kecepatan saya dalam mereview tak lagi selancar dulu, pas masih single. Lucunya, ada yang menyatakan iri dengan ‘kerajinan’ saya meng-upload resensi buku. Padahal saya sendiri bukan apa-apa jika dibandingkan dengan intensitas teman-teman blogger buku yang lain, seperti Mbak Maria [Hobby Buku] atau Stefanie dalam hal mereview buku. Bahkan, Mbak Maria bisa mengelola ketiga blog resensinya dengan keaktifan yang menurutku menakjubkan.

Saya sendiri memiliki tiga blog yang berisikan review buku, tapi sampai saat ini hanya satu yang sering diperbarui isinya. Well, sementara ini yang penting tetap semangat membaca, dan mulai lagi mengatur-atur waktu supaya tetap bisa berbagi informasi tentang buku.

4 thoughts on “Blog-Blog-Walking-Walking

Leave a Reply

