Sortir Jenis Buku

Kemarin saya menulis status di Facebook tentang faktor apa yang mempengaruhiku untuk menginginkan sebuah buku dan ternyata beberapa komentar yang masuk pun memang memiliki faktor yang berbeda-beda. Jadi, faktor yang paling berpengaruh untuk menginginkan sebuah buku, diantaranya

Genre Buku

Kalau yang satu ini sudah pasti harus diperjelas supaya pembelian buku saya tidak mbeleber ke mana-mana. Dulu saya memang tergolong omnireader [pembaca segala] yang membuat saya menginginkan semua buku. Sejak pertengahan 2012, saya memutuskan harus memiliki genre buku yang jelas sebagai batasan sortir ketika menginginkan buku. Genre buku saya kalau non fiksi, yaitu islami, pendidikan anak, biografi, dan kreasi; sedangkan kalau fiksi lebih memilih yang memuat unsur sejarah/budaya/sosial, thriller/detektif/misteri, religi, fantasi [tapi fantasi tidak semua, tetap pilih-pilih],  dan cerita anak-anak [tabungan buku untuk Miza]

Meski begitu, saya tetap tidak membatasi bacaan untuk genre yang lain, hanya saja, mungkin akan lebih memilih untuk meminjam daripada mengoleksi.

Sinopsis Buku

Bagian depan buku yang memiliki andil besar mempengaruhi saya untuk memilikinya, adalah sinopsis. Nah, di situ pintar-pintarnya penerbit untuk merayu lewat tulisan singkat tentang bagian dalam bukunya. Saya agak sebal jika melihat bagian sinopsis, tergusur dengan endorsement yang bejibun, terlihat agak lebay dan merayu sekale.

Desain Sampul

Banyak yang berkata, jangan menilai buku hanya dari sampul luarnya. Setuju sih, tapi jujur saya belum bisa menerapkan slogan tersebut 100% dalam menginginkan sebuah buku. Saat melihat-lihat di toko buku offline atau online, tak disangkal desain sampul menjadi awal ketertarikan saya dengan sebuah buku. Melihat ada sampul yang keren, keinginan mendekati pastinya membesar, jadilah saya akan mulai mempertimbangkan penulis, sinopsis, dan kemudian mencoba menyimpulkan jenis buku tersebut. Jika harga cocok, beli, tapi jika tidak akan masuk daftar wishlist yang suatu saat harus punya.

Review/ Rating di Goodreads

Tempat yang ‘pasti’ akan saya kunjungi untuk menjadi bahan pertimbangan dalam menginginkan suatu buku adalah di Goodreads. Begitu melihat ada obralan buku, terutama di toko buku online, website pertama yang akan saya buka, adalah www.goodreads.com. Melihat pereview, isi review, dan rerata nilai dari buku tersebut akan berpengaruh besar pada keinginan saya mendapatkannya. Bukan berarti saya tidak mempertimbangan review yang dibuat di luar Goodreads, tapi memang di sana tempat yang paling efisien untuk mencari review buku karena saya bisa melihat beragam review dalam satu halaman monitor.

Sempat terpikir untuk memasukkan faktor ‘harga’ tapi sepertinya tidak terlalu penting. Bukan karena saya kaya raya, sehingga harga tidak menjadi penentu. Saya termasuk orang sabar dalam menanti sebuah buku hingga menjadi murah😛 Saat saya menginginkan sebuah buku dan ternyata harganya mahal, maka buku itu akan saya masukkan wishlist, sampai kelak menemukan buku tersebut masuk rak obral atau ada diskon besar. heheheee…

Tak disangka, awal bulan ini sudah ada buku-buku baru yang masuk rak bacaan. Sebenarnya, buku-buku ini sudah lama dipesan, sempat saking lamanya saya pikir penjualnya udah lupa. Eh, jelang akhir bulan Oktober, datanglah buku-buku ini lewat kurir ke rumah. Sekarang, novel Lost menjadi bacaan pertama yang saya ambil dari koleksi yang baru datang ini.

  1. Dark Hollow – John Connolly
  2. The Eyes of The Dragon – Stephen King
  3. Afterlife – Claudia Grey
  4. All Flowers in Shanghai – Duncan Jepson
  5. Lost – Michael Robotham

11 thoughts on “Sortir Jenis Buku

    • Sinta Nisfuanna says:

      hehehe… aku romance juga suka, tapi bukan prioritas, pun tidak menolak membaca metropop, chicklit atau teenlit. Malahan sekarang aku lagi suka penulis chicklit, cecelia ahern, penulis teenlit, lexie xu dan luna torashyngu

      yang aku gak terlalu suka itu, genre harlequin atau historical romance

    • Sinta Nisfuanna says:

      banyak klo buku penulis India yang udah diterjemahin, yang paling banyak disukai itu Chitra B, Divakaruni dan Jumpha Lahiri

      • ayanapunya says:

        iya. aku penasaran sama jumpha lahiri itu. di sini adanya chitra divakaruni itu. tapi di rumah sebenarnya udah ada beberapa juga novel dari penulis india. pengaruh suka sama filmnya kayaknya..hihi

      • Sinta Nisfuanna says:

        kebanyakan novel penulis india itu suram-suram😀 ada sih penulis chicklit India, Kavita Daswani, ceritanya lumayan lucu, khas chicklit

      • Sinta Nisfuanna says:

        bukan, setauku ada 2 novelnya, For Matrimonial Purposes dan The Village Bride of Beverly Hills

Leave a Reply

