Doa Orangtua, Apakah Hanya Ditujukan untuk Anak?

“Ya Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, dan sayangilah kedua orang tuaku sebagaimana mereka telah menyayangi sewaktu aku kecil.”

Pastinya sebagian besar dari kita, terutama muslim, tahu tentang doa orangtua yang satu ini. Bahkan, semenjak kecil kita sudah sering dituntun untuk melafalkan doa tersebut. Doa ini seringkali diidentikkan sebagai salah satu wujud bakti anak kepada orangtuanya. Sudah pasti, sebagai orangtua akan merasa bahagia ketika doa tersebut selalu dilantunkan anak di setiap jeda waktunya. Namun, ada yang perlu diperhatikan dan direnungi orangtua dalam doa tersebut.

4240954_20130214122136Saat menonton acara Mario Teguh, Golden Ways bertema Ironi Cinta kemarin [17/03] di Metro TV, doa orangtua ini sempat disentil sedikit dan membuat saya ingin menuangkan dalam tulisan untuk dijadikan pengingat. Memang doa bukan menjadi tema utama, tapi cukup membuat saya tercenung. Dari doa yang sangat familiar ini, Pak Mario coba menggaris-bawahi kalimat terakhir dari doa tersebut,

“sayangilah kedua orang tuaku sebagaimana mereka telah menyayangi sewaktu aku kecil.

Kalimat dalam doa tersebut SANGAT berimbas pada orangtua itu sendiri. Bagaimana orangtua memperlakukan anak saat kecil akan menjadi “gambaran” bagaimana Allah akan memperlakukannya. Apakah dengan cara marah-marah, atau dengan mencubit, atau dengan ciuman, dengan belaian? Ketika doa tersebut dilantunkan berkali-kali, maka akan semakin besar potensi terwujudnya.

Semoga, sejak detik ini kita, para orangtua atau calon orangtua, tidak hanya menganggap doa ini sebagai nikmat dan tanda bakti dari anak tapi juga menjadi bahan instropeksi diri dan pengingat bagi orangtua, bagaimana memperlakukan anak.

7 thoughts on “Doa Orangtua, Apakah Hanya Ditujukan untuk Anak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s