Menjadi Cantik Belum Tentu Bahagia Lho …

Cantik Itu Luka. Awalnya saya tidak terlalu tertarik untuk membaca buku Eka Kurniawan ini, tapi saat mengunjungi salah satu review buku Amba di blog Ayana dan membaca bagian komentar ada singgungan tentang buku Cantik Itu Luka.  Saya dulu pernah memiliki cover lamanya dan ada keinginan untuk membacanya karena mengambil latar sejarah kemerdekaan Indonesia, tapi lama-kelamaan covernya membuat saya menunda-nunda baca. Akhirnya, si buku malah dijual saat “bersih-bersih” koleksi. Barulah beberapa hari kemarin, saya ubek-ubek buku murah untuk ready stok Parcel Buku, dapat Cantik Itu Luka dengan versi cover baru. Tapi, karena terpengaruh dengan “promosi” dari Ayana, sementara saya pindah status buku ini menjadi booked.😀

cantik itu luka

Cover th 2004 [ka] Cover th 2012 [ki]

Sesuai dengan judulnya, beberapa bagian cerita dalam buku ini memberikan makna bahwa kecantikan dapat membawa penderitaan, seperti yang dialami Dewi Ayu dan Alamanda. Tapi, di tulisan ini saya tidak akan membahas tentang isi bukunya, karena saya baru menyelesaikan 346 dari 481 halaman. InsyaALLAH, nanti akan ada review buku ini di blog Timbunan Resensi.

Beberapa hari yang lalu, salah satu teman di akun facebook, men-share sebuah link yang menarik, tentang Extreme Korean Plastic Surgery yang memperlihatkan operasi-operasi plastik yang terjadi di Korea. Sebelum-sebelumnya, saya juga sering melihat berita-berita tentang artis atau orang yang melakukan operasi plastik, demi supaya terlihat cantik. Bahkan, ada berita yang berisikan kematian orang-orang yang diakibatkan operasi plastik.

Operasi Plastik

Salah satu contoh hasil operasi plastik

Sebenarnya saya tidak boleh juga men-judge para pelaku operasi plastik karena tidak tahu alasan pasti mereka melakukan itu. Tapi, alasan menjadi cantik sering menjadi patokan untuk melakukan hal-hal ekstrim. Padahal, menjadi cantik belum tentu bahagia *salah satu poin yang kudapatkan dalam buku Cantik Itu Luka*. Bersyukurlah dengan apa yang kaupunya. Nikmati dengan sebaik-baiknya karena Allah pasti menyimpan alasan atau manfaat atas bagaimanapun bentuk ciptaan-Nya.

Sedikit mengutip ayat Al-Qur’an tentang mengubah ciptaan-Nya

‘’Yang mereka sembah selain Allah itu, tidak lain hanyalah berhala, dan (dengan menyembah berhala itu) mereka tidak lain hanyalah menyembah syaitan yang durhaka,yang dilaknati Allah dan syaitan itu mengatakan: “Saya benar-benar akan mengambil dari hamba-hamba Engkau bahagian yang sudah ditentukan (untuk saya) dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka meubahnya“. Barang siapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata’’ (Qs an-Nisa : 117-119)

Bagi yang telah diciptakan dalam wujud yang cantik, perlu diingat bahwa kecantikan adalah amanah, dan bisa menjadi ujian bagi hamba-Nya. 

Semoga tulisan ini bisa menjadi pengingat, khususnya untuk saya sendiri. Pamit dulu, mau lanjut baca Cantik Itu Luka🙂

6 thoughts on “Menjadi Cantik Belum Tentu Bahagia Lho …

  1. ayanapunya says:

    sebenarnya agak nggak imbang sih kemarin itu ngebandingin Amba sama Cantik itu luka. secara setting lokasi Cantik itu Luka kan fiktf. Tapi ya menurutku Cantik itu Luka masih menang di deskripsi dan ayunan kata-katanya😀

  2. ayanapunya says:

    oya tentang oplas tadi, sebenarnya kalo kuliat di korea itu dikit aja artisnya yang masuk kategori cantik banget dan alami. masih cantikan kita orang indonesia. hihi

Leave a Reply

