Berdarah Dulu, Baru Berhati-hati

Judulnya serem euy hehehe… tapi saya memang ingin bercerita gara-gara berdarah *lebay*

Saya termasuk orangtua yang paranoid yang melihat anaknya memegang benda tajam, tapi di sisi lain juga ingin anak tidak takut untuk menyentuhnya. Dueh… capek deh… Apalagi aktivitasku yang sering tidak lepas dari membungkus paket pesanan buku, otomatis berhubungan dengan gunting/cutter, di mana pasti Miza sudah siap berkeliaran dan ikut nimbrung ‘membantu’ pekerjaan Umminya. Ujung-ujungnya, saya biarkan Miza memegang gunting/cutter dengan tetap memperhatikan aktivitasnya.

Sekali waktu, saat Miza main cutter, tiba-tiba tangannya tergores bagian tajamnya. Dueh… Saat itu, si Miza malah memperhatikan darah yang keluar dari jarinya. Mungkin karena hanya sobek kecil dan darah sedikit, dia tidak menangis. Tapi, saat ditanya, “Sakit? Berdarah ya.” Dia jawab, “He em.”

Sejak saat itu, setiap kali Miza mulai mau memegang gunting/cutter, selalu ada peringatan, “Hati-hati ya Miza, nanti berdarah.” Biasanya kalau sudah diperingatkan begitu dia akan mengembalikan alat tajam tersebut ke tempatnya. Atau, tetap digunakan dengan gerakan yang lebih hati-hati dan pelan. Belajar dari setelah ‘kejadian’ *istilah yang aneh* tetapi begitulah. Ternyata anak-anak juga menerapkan pepatah, ‘tidak ingin jatuh di lubang yang sama’ *dueh* Saat Miza pernah merasakan berdarah dan sakit tergores benda tajam , dia menjadi lebih tahu bahayanya benda tajam dan memilih untuk lebih ‘cerdas’ menggunakannya.

Melarang-larang batita melakukan/mengenali sesuatu ternyata bukan tindakan yang tepat. Cukup berikan apa yang dia mau *sepanjang masih masuk akal* kemudian perhatikan apa yang dilakukannya.

Yuk! Miza, mau main apa lagi? *nyodorin golok* #ditimpukgelas

Miza Belajar Gunting

2 thoughts on “Berdarah Dulu, Baru Berhati-hati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s