Black Campaign

Jujur, saya bosan dengan tema berita seputar dua calon presiden yang saat ini memenuhi media eletronik atau media massa, apalagi yang namanya black campaign**. Semakin sebal, saat melihat banyak sekali orang yang turut menyebarkan berita simpang siur, tidak jelas sumbernya dari mana, berita yang dipenuhi dengan prasangka, mengunggulkan/menjatuhkan salah satu calon.

Para pengguna media social pasti melihat penyebaran berita-berita politik yang makin ramai di halaman timeline. Ya, black campaign sering menjadi” jurus” tim sukses untuk memenangkan calonnya. Padahal, kalau dilihat dari pengertian black campaign sendiri, memperlihatkan adanya ‘penyakit’, yang bernama fitnah. Belum lagi, jika penerima berita melanjutkannya dengan ghibah (gosip). Bukankah berlipat-lipat dosanya?

Jika kemenangan diraih dengan cara mengerikan seperti ini, apa jadinya Indonesia kelak?

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kecerobohan, yang akhirnya kamu menyesal atas perbuatanmu itu” ~ al-Hujuraj.6

**Black Campaign atau Kampanye Hitam, berita yang disebarkan untuk menjatuhkan pihak lawan, yang salah satu tujuannya adalah menciptakan persepsi buruk dalam masyarakat terhadap seseorang atau kelompok.

5 thoughts on “Black Campaign

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s