Alasan Saya Suka Menulis Ulasan Buku

Sebenarnya tulisan ini untuk saya pribadi, terutama menyemangati untuk konsisten menulis ulasan setiap menyelesaikan bacaan buku/komik. Tapi, sekaligus ingin berbagi, siapa tahu ada yang mau menambahkan🙂

Berbagi Tentang Bacaan

Salah satu aktivitas yang saya suka adalah menularkan kesukaan membaca. Semakin banyak yang suka baca, semakin menyenangkan. Rame-rame bahas buku, komentar bla…bla…bla… cuap-cuap … tukar informasi tentang buku. Selain itu, menulis ulasan buku juga membantu teman yang ingin mendapatkan ‘pandangan’ tentang sebuah buku yang ingin dimilikinya. Makanya, sekarang saya termasuk yang suka baca ulasan buku dulu sebelum membeli, jadi membaca blog-blog buku atau mampir ke Goodreads sangat membantu.

Terus Nulis

Keinginan untuk membiasakan menulis supaya tidak kaku karena sedikit-sedikit, meski gak jago, ingin tetap menulis. Apalagi aktivitas saya sehari-hari berkaitan dengan buku, plus timbunan utang baca buku yang belum tuntas, maka pilihan menulis ulasan menjadi yang utama. Intinya, saya gak ingin kehilangan aktivitas tulis-menulis.

Pelupa

Saya termasuk pelupa. Iya, belum tua-tua amat udah ‘hobi’ ling-lung kalau sudah lupa sesuatu. Jadi, saat ada yang bertanya tentang sebuah buku—yang saya pernah baca—atau ada yang meminta rekomendasi, saya bisa menyontek atau memberi link ulasan yang saya tulis. Sekalian juga ingat-ingat buku-buku lama yang sudah pernah dibaca.

Pemikiran Tersingkap

Menulis ulasan seringkali menjadi ajang merenungi kembali buku yang sudah dibaca. Terkadang apa yang tidak terpikirkan saat membaca, bisa muncul saat menulis ulasan buku. Menulis bisa menjadi ajang si penulis untuk berpikir/merenung, termasuk juga menuliskan ulasan buku.

BAGI YANG INGIN SERIUS MENGULAS BUKU

Rajinnya menulis ulasan buku bisa jadi ladang tambahan penghasilan lho!

Buku Gratis

Bukan hal aneh lagi di dunia perblogan kalau rajin ulas buku bisa dapat buku gratis. Dulu saat blogger buku masih jarang, saya pernah kebanjiran kiriman buku dari penerbit, yang ujung-ujungnya malah gak sempat menulis ulasan karena saking banyaknya. Jadinya, sampai sekarang masih muncul rasa bersalah😥 Tapi, untuk kalian yang punya komitmen, ‘anugerah’ buku gratis bisa datang ke rumahmu. Apalagi kalau bersedia gabung dengan BBI (Blogger Buku Indonesia), wadahnya pada blogger yang hobi membuat ulasan buku

Penghasilan

Semakin rajin belajar menulis ulasan buku, maka kesempatan untuk mengirimkan tulisanmu ke media massa juga patut dicoba. Saat ulasanmu dipasang di media cetak/online, akan ada honor yang diterima (berbeda sih tiap media). Belum lagi kalau kamu share ulasanmu itu ke penerbit buku terkait, kemungkinan besar akan mendapatkan kiriman beberapa buku. Bahkan ada teman yang ulasannya sering muncul di media, tidak lagi perlu membeli buku, karena buku sudah langsung berdatangan terus ke rumahnya. Asyik kan!

Jadi, nggak ada salahnya rajin menulis ulasan buku. Mungkin ini bisa jadi ladang rezeki untukmu🙂

Kalau sempat mampir-mampir ketiga blog bukunya yaa…

  1. Jendelaku Menatap Dunia
  2. Yuk Baca Buku Islam
  3. Sahabat si Cilik

3 thoughts on “Alasan Saya Suka Menulis Ulasan Buku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s