img_20161105_091921

Heroine – Bookstagram KBI 2016

Heroine, saat tema ini muncul saya bingung dengan pengertian dari kata itu. Apakah sekadar novel yang memiliki tokoh utama perempuan? Atau pahlawan perempuan dalam arti seperti pendekar/petarung perempuan? Kalau saya gak salah tangkap, pengertian keduanya benar-benar saja. Tapi, pengertian saya agak berubah saat ada teman melakukan pencarian istilah heroine,

woman possessing heroic qualities or a woman who has performed heroic deeds

Nah … pengertian ini membuat kata heroine menjadi lebih menarik …

H +5: HEROINE

img_20161105_091921

Sumber: Foto Pribadi

Buku yang terpilih pada tema hari ini adalah Rinai dan Katastrofa Cinta. Heroine yang berhadapan dengan konflik kehidupan yang sering tidak bersahabat dan menghiraukan idealisme dengan dalih realitas.

Rinai, judul novel yang mengambil dari nama si tokoh utamanya.  Rinai harus memperjuangkan idealisme dan prinsipnya, tidak hanya saat berada dalam keluarganya, tetapi juga saat dia berada di Gaza seperti saat dia berhadapan dengan LSM yang ternyata tak ‘sehebat’ yang dibayangkannya. Novel yang ditulis oleh Sinta Yudisia mengangkat tema sosial dan menyelipkan ilmu psikologi.

Astuti dan Mei Hwa, nama tokoh dalam Novel Katastrofa Cinta. Masing-masing memiliki takdir yang ‘menuntut’ perjuangan untuk bertahan dari kehidupan, juga dari diri sendiri. Novel ini kental dengan unsur sejarah dan padat konflik. Novel karya Afifah Afra ini sudah dicetak ulang dengan judul Mei Hwa oleh Penerbit Indiva.

One thought on “Heroine – Bookstagram KBI 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s